Penyebab Air Kencing Berwarna Hijau

8 Penyebab Air Kencing Berwarna Hijau, Salah Satunya Penyakit Hati
Penyebab Air Kencing Berwarna Hijau

Website terbesar dan terpercaya Penyebab Air Kencing Berwarna Hijau Warna urine yang sehat dan normal adalah kuning muda. Kalau saat kencing kamu melihat urine berwarna hijau, kamu pasti kaget. 

Dalam kebanyakan kasus, penyebabnya adalah pewarna pada makanan atau minuman. Obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkannya. Namun, dalam kasus yang jarang, penyebab air kencing berwarna hijau adalah kondisi medis yang lebih serius.

Makanan atau minuman

Penyebab paling umum urine berwarna hijau adalah dari makanan atau minuman tertentu. Sayuran, seperti asparagus, bisa menyebabkan urine berwarna hijau pada beberapa orang.

Akan tetapi, penyebab yang lebih umum adalah pewarna makanan buatan yang d itambahkan ke dalam makanan seperti permen, es loli, atau icing. Menurut laporan dalam Annals of Laboratory Medicine tahun 2013, kalau air kencing hijau dis ebabkan oleh makanan, ini akan terlihat dalam 6 jam setelah kamu memakan makanan yang mengandung pewarna dan biasanya dalam sehari akan hilang.

Obat-obatan

Seperti halnya makanan, banyak obat mengandung pewarna. Ini bisa menyebabkan urine tampak hijau saat di saring keluar dari tubuh, seperti dij elaskan dalam laman Insi der.

Obat-obatan yang bisa membuat urine berwarna hijau di antaranya:

  • Elavil atau Vanatrip (amitriptyline), yang merupakan antidepresan.
  • Lipodox atau Doxil (doxorubicin), yaitu obat kemoterapi yang di gunakan untuk mengobati kanker payudara.
  • Indocin atau Tivorbex (indomethacin), yaitu obat antiinflamasi yang di resepkan dokter untuk mengobati nyeri dan artritis.
  • Tagamet (cimetidine), yang di gunakan untuk mengobati heartburn.
  • Phenergan (promethazine), jenis antihistamin untuk mengatasi alergi, mual, dan mabuk perjalanan.
  • Dyrenium (triamterene), yakni di uretik yang di pakai untuk mengobati hipertensi.
  • Rinsapin, jenis antibiotik.
  • Di privan (propofol), yaitu anestesi yang di gunakan selama prosedur operasi.
  • Viagra (sildenafil), obat untuk mengobati disfungsi ereksi.
  • Vitamin B, yang umum di temukan dalam suplemen multivitamin.

Produk perawatan pribadi

Produk perawatan pribadi dan kosmetik juga mengandung pewarna. Kalau kamu tak sengaja menelannya, warna urine bisa berubah warna menjadi hijau. 

Salah satu contohnya adalah obat kumur yang mengandung timol. Jika di telan, urine bisa berubah warna. Permen mint penyegar napas, kosmetik, dan produk dengan pewarna hijau atau biru juga bisa memiliki efek serupa.

Tak perlu khawatir karena perubahan warna urine dalam kasus ini tidak berbahaya. Perubahan warna akan hilang setelah kamu berhenti menggunakan produk, dan tidak mungkin kamu akan memiliki gejala tambahan yang mengkhawatirkan atau memerlukan perhatian medis.

Infeksi saluran kemih

Di lansir Tua Sa├║ de, walaupun sebagian besar kasus infeksi saluran kemih (ISK) tidak menyebabkan perubahan warna urine, tetapi ada beberapa bakteri yang bisa membuat air kencing tampak hijau. 

Infeksi yang di sebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa, misalnya, berhubungan dengan urine berwarna hijau dan banyak di temukan pada pasien yang di rawat di rumah sakit.

Selain urine berwarna hijau, pasien yang terinfeksi mungkin juga mengalami gejala ISK lainnya, seperti nyeri atau sensasi terbakar saat berkemih, sering buang air kecil, sakit perut dan punggung bagian bawah, urine keruh atau berbau tidak sedap, dan demam.

Kalau kamu curiga memiliki ISK, temui dokter untuk tes urine dan segera mendapatkan pengobatan. Pengobatan ISK bisa bervariasi, tergantung gejala dan bakteri penyebab infeksi.

Penyakit hati

Bilirubin adalah produk sampingan dari pemecahan sel darah merah. Pada orang yang sehat, bilirubin d ibersihkan oleh hati. Namun, jika kamu punya penyakit hati, kamu mungkin memiliki bilirubin dalam urine. Hal ini bisa menyebabkan urine menjadi hijau, di lansir MedlinePlus.

Kalau air kencing hijau di sebabkan oleh adanya bilirubin, kamu mungkin mengalami gejala penyakit hati lainnya, seperti:

  • Penyakit kuning atau jaundice, yaitu menguningnya kulit dan mata.
  • Sakit perut, mual, atau muntah.
  • Kelelahan.

Segera temui dokter jika mengalami gejala-gejala di atas karena penyakit hati sering kali butuh intervensi medis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *